Selamat, Blora Miliki Desa Wisata Kampung Durian

Blora, Lingkarjateng.id – Kabupaten Blora kini resmi memiliki kampung durian. Namanya Desa wisata Brilian Tunjungan. Terletak di Kawasan Kampung Durian Dukuh Nglawungan, Desa Tunjungan, Kabupaten Blora. Sudah komplit. Ada papan nama, balai pentas seni, fasilitas umum, pelengkapan camping, perlengkapan wisata, sepeda dan perlengkapan outbond.

Desa wisata Brilian Tunjungan ini diresmikan langsung Bupati Arief Rohman Selasa, (21/3/2023). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita di gapura masuk Desa Tunjungan. Dilanjut menuju kawasan wisata durian Nglawungan dengan disambut Seni barongan dan pengalungan bunga kepada Bupati Blora.

Bupati Arief Rohman mengatakan, Desa Tunjungan ini memiliki potensi wisata. Salah satunya wisata buah. Untuk itu, kemajuan potensinya tergantung dari masyarakatnya. Bupati meminta, agar masyarakat setempat dan Bumdes bisa tetap menjaga nama yang wisata ini nanti setelah banyak wisatawan yang datang ke tempat ini.

Image jika sudah dapat nama harus tetap dijaga. Keluhan yang dulu-dulu harus bisa dihilangkan. Jadi tempat ini yang dulu sempat viral harus di kembangkan lagi, desa dan Bumdes harus bisa mengelola dengan baik,” ujarnya.

Bupati menegaskan, kedepan sudah miliki bayangan agar wisata Tunjungan ini nanti tetap bisa eksis. “Kedepan ada penelitian di Desa Tunjungan ini. Untuk meneliti pohon durian agar bisa berbuah lebat dan rasanya tetap terjaga,” tambahnya.

Hanya saja, hal ini bisa terwujud jika masyarakat setempat bisa kompak dan bisa mengelola dengan baik Desa Wisata ini. “Saya yakin kalau kita semua bersinergi Desa Tunjungan bisa menjadi branding Desa Durian. Namun masyarakat harus kompak, pedagang/ petaninya juga harus selaras untuk harganya,” pesan bupati.

Bupati juga mendorong, setelah diresmikan ini, promosi online dari desa harus dijalankan secara aktif. Sehingga masyarakat luas bisa tahu akan keberadaan wisata ini. “Website, medsos kalau bisa dihidupkan kembali, agar banyak yang tahu. Sehingga jika wisata ini maju perekonomian masyarakat tentu akan meningkat,” pungkasnya.

Pimpinan Cabang BRI Blora, Ardi Ahmad Muharam mengatakan, pengembangan untuk Desa Binaan BRI bantuan yang diberikan meliputi bantuan sarana umum, bantuan sarana pendukungan, pelatihan dan peralatan usaha kepada kelompok dengan total nilai Rp 1 Miliyar.

Ardi berharap dengan bantuan ini, dapat memberikan dampak ekonomi dan sosial kepada masyarakat di Desa Brilian Tunjungan. “Dari bantuan ini, kami jabarkan dengan bentuk gapura selamat datang, gapura pintu masuk kampung durian, pavingisasi, papan petunjuk arah, papan nama, balai pentas seni, fasilitas umum, pelengkapan camping, perlengkapan wisata, sepeda dan perlengkapan outbond,” ujarnya

Sementara itu, Yasir Kades Tunjungan mengucapakan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh BRI untuk memajukan Desa wisata Tunjungan ini. “Kami sangat senang sekali atas bantuan yang diberikan ini, semoga ini menjadikan manfaat untuk Tunjungan dan kabupaten Blora,” ucapnya.

Yasir juga mengaku, sangat senang dapat bantuan. Hal ini tentu akan membantu desa untuk mengembangkan potensi wisata yang ada ini. “Kami juga terus berharap agar warga bisa memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan yang datang ke tempat wisata ini, dengan harapan wisatawan bisa terkesan dan kembali ke Tunjungan lagi,” pungkasnya. (Lingkar Network| Lingkarjateng.id)

Similar Posts