Pj Bupati Edy Minta HKN Jadi Momentum Bangkitkan Semangat Wujudkan Jepara Sehat

JEPARA, Lingkar.news Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta meminta agar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 jadi momentum membangkitkan semangat dan optimisme untuk mewujudkan Jepara sehat.

Ia meminta agar kebiasaan hidup sehat dimulai dari lingkup terkecil lebih dulu yaitu pribadi dan keluarga kemudian dilanjutkan dengan lingkungan sekitar.

“Mari kita bersama menggerakkan masyarakat hidup sehat dengan dimulai dari pribadi, keluarga, dan lingkungan,” kata Pj Bupati Edy saat memberikan sambutan peringatan HKN ke-59, pada Minggu, 26 November 2023.

Selain itu, Pj Bupati Edy juga mendorong jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah meningkatkan pelayanan yang lebih siaga, antisipatif, responsif dan tangguh kepada masyarakat lewat program Home Care.

Sehingga, kata dia, Rumah Sakit dan Puskesmas harus siaga mendatangi masyarakat yang sakit lewat program ini.

Diketahui, Peringatan HKN ke-59 tahun 2023 diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Jepara di depan kantor dinas, pada Minggu, 26 November 2023.

Pj Bupati Edy Minta HKN Jadi Momentum Bangkitkan Semangat Wujudkan Jepara Sehat
SIMBOLIS: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta (kanan kedua) memimpin pelapasan balon peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (Tomi Budianto/Lingkar.news)

Gebyar HKN ke-59 ini mengusung tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”.

Tema ini dipilih untuk menggambarkan keberhasilan transformasi kesehatan yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan melibatkan berbagai pihak terkait, untuk meningkatkan dan mendorong masyarakat hidup lebih sehat dan menjadikan Indonesia maju.

Acara ini diawali dengan apel pembukaan, kemudian launching Inovasi Sri Ratu (Sistem Integrasi Rujukan Terpadu), penyerahan simbolis bantuan ambulans kepada Puskesmas Keling 1 dan gerakan minum tablet tambah darah.

Pj Bupati Edy juga melihat stan pameran dari perwakilan Puskesmas dan Rumah Sakit di Jepara. Ia juga menyempatkan diri mencoba sejumlah fasilitas pemeriksaan gratis.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara Haizul Ma’arif, Komandan Kodim Jepara, Perwakilan Polres Jepara, segenap Kepala OPD, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Jepara, dan tamu undangan. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)