Pj Bupati Edy Harap Pemilu Berjalan Lancar dan Kondusif di Jepara

JEPARA, Lingkar.news – Kondusifitas dan keamanan daerah harus selalu dijaga termasuk pada pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang. Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta berharap, Pemilu 2024 nantinya bisa berjalan lancar dan kondusif. Hal ini menanggapi kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), pada Senin, 25 September 2023.

“Simulasi ini sangat luar biasa dalam situasi kondusif pada Pemilu 2024 nanti. Saya berharap, mudah-mudahan tidak ada unjuk rasa dan Jepara tetap aman,” kata Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta saat memimpin apel Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di depan Kantor Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara.

Ia juga berharap, agar tidak terjadi aksi unjuk rasa di Jepara saat gelaran Pemilu 2024 nanti, agar Kabupaten Jepara tetap aman.

Pelaksanaan Sispamkota bertujuan untuk memastikan kesiapan unsur Polri, TNI, Satpol PP, Dishub dalam mengamankan Pemilu 2024, yang terdiri dari 444 personel, agar seluruh personel siap siaga dan bisa memetakan potensi situasi rawan saat Pemilu.

Sementara itu, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho menyampaikan, Sispamkota digelar untuk melakukan pengamanan Pemilu 2024.

Kegiatan ini, kata dia, melatih personel dalam menghadapi situasi rawan, termasuk adanya unjuk rasa. Selain itu, personel juga berlatih melakukan berbagai upaya pengamanan.

Pj Bupati Edy Harap Pemilu Berjalan Lancar dan Kondusif di Jepara
PENGARAHAN: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta memberi sambutan saat memimpin apel  Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di depan Kantor Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, pada Senin, 25 September 2023. (Tomi Budianto/Lingkar.news).

Kapolres juga berharap agar tidak terjadi kondisi darurat di Kabupaten Jepara saat Pemilu 2024 nanti.

Pihaknya juga telah memetakan tempat-tempat strategis yang akan dilakukan pola pengamanan secara preventif dan represif.

“Tempat-tempat strategis sudah kita mapping dan akan kita lakukan pola pengamanan,” ucap Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho.

Sebagai informasi, dalam simulasi Sispamkota, massa mendatangi KPU Jepara dan menggelar aksi demo karena tidak terima dengan hasil penghitungan suara dan menuntut pemilu ulang. Hingga akhirnya, aparat keamanan berhasil mengamankan situasi.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta didampingi Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Dandim/0719 Jepara Mukhamad Husnur Rofiq mengecek kesiapsiagaan para personel yang akan mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)