Peringati HPSN 2024, Pemkab Jepara Lakukan Aksi Bersih Pantai

JEPARA, Lingkar.news – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mengadakan Gerakan Gerebek Sampah di Pantai Pacen Josss (PJ) Sunset Kompleks Pantai Kartini Jepara, Jawa Tengah, pada Jumat, 23 Februari 2024.

Kegiatan tersebut untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Penjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta mengatakan bahwa HPSN sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait persoalan sampah.

“Gerebek sampah ini untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan seluruh elemen masyarakat Jepara, baik dalam isu pencemaran sampah plastik, maupun tata kelola sampah pada umumnya,” tuturnya.

Peringati HPSN 2024, Pemkab Jepara Lakukan Aksi Bersih Pantai
POTRET: Unsur pemerintah dan kelompok masyarakat peduli sampah yang terlibat kegiatan Gerebek Sampah di Pantai Pacen Josss (PJ) Sunset Kompleks Pantai Kartini Jepara, Jawa Tengah, pada Jumat, 23 Februari 2024. (Dok. Diskominfo Jepara for Lingkar/Lingkar.news)

Dalam kegiatan itu, unsur pemerintah di antaranya Pj Edy Supriyanta bersama jajaran Forkopimda, sejumlah pejabat teras, dan personel Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ikut terlibat dalam aksi bersih-bersih sampah di pantai.

Selain itu, kelompok masyarakat peduli sampah juga turut mengikuti kegiatan tersebut.

“Tujuannya agar jadi perhatian utama, seluruh komponen terlibat dalam penanganan dan pengelolaannya,” ujarnya.

Selain beraksi memungut sampah di pantai, unsur pemerintah dan kelompok masyarakat juga menggelorakan kepedulian lingkungan dari pencemaran sampah plastik.

Diketahui, pengurangan sampah di Jepara tercatat sudah mencapai 14.28 persen. Sedangkan penanganan sampah baru 40.44 persen dan sampah yang terkelola mencapai 54.71 persen.

Oleh sebab itu, Pj Bupati Edy ingin agar edukasi pemilahan sampah diperluas. Tidak hanya itu, edukasi tentang pengelolaan sampah juga turut digalakkan.

Termasuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam usaha produktif sektor pengelolaan sampah plastik.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara, Aris Setiawan mengatakan bahwa, HPSN sebagai momentum mengkampanyekan pelestarian dan perlindungan lingkungan hidup.

HPSN, kata dia, juga sebagai momentum untuk menggelorakan pengurangan sampah plastik, dan memperkuat program desa mandiri sampah.

Atas terselenggarakan Gerakan Gerebek Sampah, ia memberikan apresiasi karena semua pihak telah berpartisipasi dalam kegiatan itu.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas peran serta dedikasinya terhadap lingkungan di Jepara,” ujarnya. (Lingkar Network | Hms – Lingkar.news)