Deteksi Dini Kondisi Kesehatan, Dinkes Blora Imbau Warga Rutin MCU

BLORA, Lingkarjateng.id Dinas Kesehatan Kabupaten Blora mengimbau masyarakat agar rutin melakukan medical check-up (MCU) untuk mengetahui kondisi tubuh secara menyeluruh.

“Ada beberapa jenis tes MCU yakni pemeriksaan fisik, kulit, hingga tulang,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edi Widayat, pada Minggu, 19 Mei 2024.

Edi menjelaskan bahwa rutin melakukan pemeriksaan kesehatan merupakan upaya membantu mencegah penyakit dan mendapatkan penanganan dini. Dalam prosesnya, dokter akan memeriksa kondisi kesehatan secara umum untuk mengetahui status kesehatan secara menyeluruh.

Medical check-up bisa dilakukan rutin ataupun sesuai dengan kebutuhan. Karena pemeriksaan kesehatan sifatnya umum untuk membantu mengetahui kebutuhan kesehatan secara lebih spesifik. Terutama mereka yang sudah mengonsumsi obat tertentu secara rutin.

“Namun, dari American Medical Association menyarankan pemeriksaan medical check-up dapat dilakukan secara berkala sesuai umur,” tuturnya.

Misalnya, jelas Edi, orang dengan rentang usia 18-40 tahun bisa melakukan tes MCU rutin setiap 5 tahun. Kemudian, usia di atas 40 tahun setiap tahun.

Pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat usia di bawah 40 tahun biasanya fokus pada pemeriksaan fisik saja.

“Sedangkan pada usia yang lebih tua biasanya perlu dilakukan pengujian lebih lanjut untuk mengetahui kondisi kesehatan lebih spesifik. Pemeriksaan MCU terdiri dari beberapa tes, seperti pemeriksaan denyut nadi, cek tekanan darah, hingga pemeriksaan jantung dan paru-paru,” terangnya.

Adapun manfaat rutin melakukan medical check-up adalah mengetahui status kesehatan secara umum. Masyarakat juga bisa berkonsultasi tentang berbagai keluhan ataupun gejala kesehatan yang pernah dialami.

“Masyarakat harus paham ketika nanti hendak melakukan MCU, tim medis sudah memiliki SOP ketika ada yang hendak melakukan check-up,” imbuhnya. (Lingkar Network | Hanafi – Lingkar.news)