Grebeg Besar Demak Resmi Dibuka, Tiket Masuk Digratiskan

DEMAK, Lingkar.news – Event tahunan Kabupaten Demak yakni Grebeg Besar resmi dibuka oleh Bupati Demak Eisti’anah dengan pemukulan gong secara simbolis dan dilanjutkan pemotongan tumpeng di Gedung Kesenian Tembiring, Demak. 

Selain itu, Bupati juga menggratiskan tiket masuk pengunjung pesta rakyat yang biasa disebut Besaran tersebut

“Kami sudah berkomitmen semasa kami pimpin Demak selalu menggratiskan tiket masuk untuk ke Pasar Rakyat Grebeg Besar ini. Mereka punya hak untuk menikmati euforia di sini, misal punya rezeki lebih bisa naik wahana ataupun jika tidak bisa melihat-lihat keseruanya suasana di sini,” tutur Bupati Eisti’anah, Jumat malam, 31 Mei 2024. 

Terkait keamanan wahana yang ada di Grebeg Besar itu, Bupati berpesan agar selalu dilakukan pengecekan guna mengantisipasi hal-hal yang diinginkan. 

“Kita sudah berpesan kepada penyelenggara dimana untuk keamanan wahana harus safety, bener-bener harus dipertanggungjawabkan, supaya masyarakat yang naik bisa merasa aman dan nyaman. Kita berharap tidak terjadi kejadian apa-apan,” ujarnya. 

Bupati menjelaskan tradisi Grebeg Besar Demak 2024 ini mempunyai banyak rangkaian, salah satunya yakni iring-iringan Prajurit Patangpuluhan. 

Ia mengungkapkan tradisi Grebeg Besar Demak juga telah didaftarkan menjadi event nasional. Nantinya di dalam event tersebut yakni Tradisi Ancakan juga akan didaftarkan ke Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

“Jadi sebenernya rangkaian Grebeg Besar ini sudah kita daftarkan jadi event nasional dan mungkin bisa jadi tingkat internasional. Dan kali ini nanti ada Ancakan Kadilangu kita nanti daftarkan ke MURI, jumlah sajiannya berjumlah 521 sesuai dengan usia Demak,” jelasnya. 

Sementara Owner Diana Ria, Muntohar mengucapkan trimakasih lantaran sudah dipercaya kembali sebagai pengelola Grebeg Besar tahun 2024 ini. 

Pihaknya mengatakan Grebeg Besar dilaksanakan selama 23 hari. Kemudian juga disediakan puluhan wahana serta ratusan stand UMKM untuk meramaikan pasar rakyat tersebut. 

“Diana Ria telah dipercaya kembali sebagai pengelola Grebeg Besar 2024 ini. Tiket masuk sudah digratiskan. Kita datangkan artis-artis nasional untuk panggung hiburannya mulai tanggal 7 Juni 2024. Untuk tiket naik wahana tahun kemarin Rp 15 ribu untuk tahun ini Rp 10 ribu, kita turunkan karena mengingat terkena banjir beberapa waktu lalu,” terangnya. 

Untuk mengantisipasi kericuhan di panggung hiburan, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Polres setempat untuk menjaga kondusifitas saat gelaran musik. (Lingkar Network | M Burhanuddin Aslam – Lingkar.news)